FARIDA, FARIDA (2021) PENGGUNAAN FLASH CARD PADA MATERI MAD THABI’I DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS II MI INTEGRAL AL-UKHUWWAH BANJANG. S1 thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU AL-QUR’AN (STIQ) AMUNTAI.
![]() |
Text
02 2. BAB I - Rida Farida.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
03 - 3. BAB II - Rida Farida.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
04 - 4. BAB III - Rida Farida.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
05 - 5. BAB IV - Rida Farida.pdf Download (993kB) |
![]() |
Text
06 - 6. BAB V - Rida Farida.pdf Download (249kB) |
Abstract
Pelajaran Alquran merupakan salah satu mata pelajaran penting di Madrasah Ibtidaiyah Integral Al-Ukhuwwah Banjang. Penguasaan mad thabi’i dalam pembelajaran Alquran merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membaca Alquran. Kenyataan di lapangan hasil penguasaan materi mad thabi’i belum maksimal. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif menggunakan media kartu dalam meningkatkan penguasaan materi mad thabi’i. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu dapat meningkatkan penguasaan materi mad thabi’i pada kelas II MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang. Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan pengguasaan mad thabi’i pada kelas II MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang melalui media kartu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. pada setiap siklus yaitu siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui tehnik observasi dan tes praktek, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan presentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) aktifitas siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 63,75 % ke 90 %. Jika pada siklus 1 masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan diantaranya yaitu partisipasi bagi siswa yang mempunyai kemampuan tinggi dengan yang mempunyai kemampuan rendah, maka pada siklus 2, kedua komponen tersebut (partisifasi aktif dalam pembelajaran) dapat ditingkatkan; (2) Hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan pada siklus 1 dengan rata-rata nilai 6,57 menjadi 7,9 pada akhir siklus 2 di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran Alquran yang telah ditetapkan yaitu 7,00; (3) Hasil praktek siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari kategori baik (pada akhir siklus 1) menjadi kategori sangat baik (pada akhir siklus 2).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | PERPUS PR STIQ |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:50 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:50 |
URI: | https://idr.stiq-amuntai.ac.id/id/eprint/57 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |