Rudi, Rudi (2021) Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode True Or False Pada Siswa Kelas IV MIN 17 Hulu Sungai Utara. S1 thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai.
![]() |
Text
RUDI.SAMPUL,ABSTRAK,KATA PENGANTAR PTK PGMI - Rudy Rudi.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB I PTK RUDI - Rudy Rudi.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB II PTK RUDI - Rudy Rudi.pdf Download (475kB) |
![]() |
Text
BAB III PTK RUDI - Rudy Rudi.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
BAB IV PTK RUDI - Rudy Rudi.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB V PTK RUDI - Rudy Rudi.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
RUDI.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - Rudy Rudi.pdf Download (952kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor,salah satunya metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Siswa dapat mencapai prestasi belajar maksimal bila seorang guru tepat dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan mampu meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa.Salah satunya adalah penerapan pendekatan pembelajaran aktif menggunakan metode True or False ( benar atau salah ) pada mata pelajaran Matematika Kelas IV. Dari hal tersebut muncul permasalahan yaitu bagaimana cara meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode True or False pada siswa kelas IV MIN 17 HSU. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode True or False pada mata pelajaran Matematika dan untuk mengetahui apakah penerapan metode True or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester Satu pada mata pelajaran Matematika di MIN 17 HSU. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus,dimana setiap siklus meliputi kegiatan perencenaan, pelaksanaan, tindakan/ observasi dan refleksi. Indikator yang ditetapkan yaitu keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah 65 % dari seluruh siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan seluruh siswa telah tuntas belajar mencapai 65 % dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 60. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode True or False dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup,pembelajaran tidak lagi hanya terfokus pada guru tetapi semua siswa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Dalam pelaksanaan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 72 dengan ketuntasan belajar 70 %. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan pada rata-rata hasil belajar dari 72 menjadi 79, serta ketuntasan belajar yang meningkat dari 70 % menjadi 92 %. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MIN 17 HSU dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode True or False. Peningkatan ini dapat dilihat dari prosentasi hasil belajar siswa dan rata-rata hasil belajar pada tiap-tiap siklusnya. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada seluruh pihak (siswa, guru, dan Madrash) untuk dapat meningkatkan penguasaan pembelajaran,khususnya mata pelajaran Matematika. Karena penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat memberikan dorongan dan semangat siswa dalam belajar dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Prodi > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | PERPUS PR STIQ |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 05:35 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 05:35 |
URI: | https://idr.stiq-amuntai.ac.id/id/eprint/18 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |