Saudi, Saudi (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VI MI Nurussalam. S1 thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai.
![]() |
Text
DAFTAR ISI - saudi hambuku.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
BAB I-SAUDI - saudi hambuku.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB II-SAUDI - saudi hambuku.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
BAB III-SAUDI - saudi hambuku.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
BAB IV-SAUDI - saudi hambuku.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V- SAUDI - saudi hambuku.pdf Download (186kB) |
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi operasi campuran bilangan bulat pada siswa kelas VI MI Nurussalam rendah, selama ini pembelajaran matematika di MI Nurussalam berpusat pada guru, metode ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa MI Nurussalam dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heds Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Nurussalam pada materi operasi campuran bilangan bulat. Penelitian ini juga bertujuan meningkatkan aktifitas siswa dan meningkatkan aktifitas guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan melalui perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi terhadap siswa kelas VI MI Nurussalam yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil aktivitas guru yang terlaksana pada siklus I adalah 60% sedangkan hasil aktivitas guru yang terlaksana pada siklus II adalah 87,6%. Jadi, kegiatan pembelajaran guru termasuk kategori berhasil. Hasil aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 65,4 sedangkan hasil aktivitas siswa pada siklus II dengan rata-rata 91,7. Jadi, siswa sangat aktif dan sangat bersemangat dalam belajar. Hasil belajar siswa siklus I ketuntasan individu mencapai mencapai 57,5 dan rata-rata secara klasikal 50%. Hasil belajar siswa pada siklus II ketuntasan individu meningkat mencapai 91,2 dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Jadi, ketuntasan belajar dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Prodi > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | PERPUS PR STIQ |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 01:37 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 01:37 |
URI: | https://idr.stiq-amuntai.ac.id/id/eprint/62 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |