EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1 MIN 20 Hulu Sungai Utara

Muzaiyanah, Muzaiyanah (2021) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1 MIN 20 Hulu Sungai Utara. S1 thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 MIN 20 - Muzaiyanah 72.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I bbr 2 - Muzaiyanah 72.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II - Muzaiyanah 72.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB III br - Muzaiyanah 72.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB IV br - Muzaiyanah 72.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V - Muzaiyanah 72.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Akhir - Muzaiyanah 72.pdf

Download (77kB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Negeri 20 Hulu Sungai Utara adalah sebuah Lembaga pendidikan dasar yang berada di bawah naungan Kementrian Agama. Merupakan Lembaga pendidikan yang bercirikan khas Islam, terletak di geografis dataran rendah berwilayah dipedesaan, jumlah guru dan karyawan MIN 20 Hulu Sungai Utara sebanyak 24 Orang serta seluruh jumlah siswanya 186 Siswa, dari itu siswa kelas 1 berjumlah 15 0rang Namun dalan upaya proses pembelajaran membaca permulaan saat siswa masuk sekolah dasar mereka sebagian belum bisa membaca dengan lancar dari itu dalam proses pembelajaran membaca permulaan siswa, guru haruslah perlu diadakan upaya perbaikan dengan penggunaan media yang efektif. Media tersebut harus dapat menarik perhatian dan minat siswa, serta dapat mengaktifkan siswa agar siswa lebih fokus dalam pembelajaran dengan penggunaan media flash card . Media flash card merupakan media visual yang berisi serangkaian huruf, kata, atau kalimat yang dilengkapi dengan gambar dimana dalam penggunaannya ditunjukkan kepada siswa dalam waktu yang relatif singkat. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas 1 MIN 20 Hulu Sungi Utara. dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 1 kali pertemuan per siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data hasil belajar dilakukan secara kuantitatif, sedangkan aktivitas guru dan siswa dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas I MIN 20 dapat ditingkatkan dengan menggunakan media Flash Card . maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas ini dengan menggunakan media Flash card untuk memberikan bimbingan membaca bagi siswa kelas 1 pada MIN 20 Kabupaten Hulu Sungai Utara dinyatakan berhasil dengan nilai rata-rata hasil belajar untuk siklus I dan II yaitu 72,56 dan rata-rata ketuntasan belajar siswa untuk siklus I dan II yaitu 87,49% maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan sangat baik. Dari segi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan peningkatan keaktifan yaitu dari 80 % pada siklus I, menjadi 100% pada akhir siklus II, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 72,,56 pada siklus I menjadi memperoleh nilai rata-rata 87,49 pada siklus II, dan terjadi peningkatan hasil belajar kemampuan membaca siswa dari rata-rata 68,75 dengan ketuntasan klasikal 66,67 % pada siklus I menjadi 75,21 dengan ketuntasan klasikal 95,83 % pada siklus II. Terjadi peningkatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran dari 80 % pada siklus I menjadi 100 % pada akhir siklus II. pelaksanaan tindakan kelas ini dengan menggunakan media Flash card untuk memberikan bimbingan membaca bagi siswa kelas 1 pada MIN 20 Kabupaten Hulu Sungai Utara dinyatakan berhasil dengan nilai rata-rata hasil belajar untuk siklus I dan II yaitu 72,56 dan rata-rata ketuntasan belajar siswa untuk siklus I dan II yaitu 87,49% maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Prodi > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd. Wahyudi Wahyudi
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:49
Last Modified: 20 Nov 2024 03:49
URI: https://idr.stiq-amuntai.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item