Rizqa Hidayati, Rizqa Hidayati (2021) Upaya Guru Bahasa Arab dalam Mengajarkan dan Mempraktikkan Mahārah Kalām kepada Anak Sendiri. Proceeding NATHLA : al-Nadwah al-‘Alamiyyah fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah (International Conference on Arabic Languange Teaching), 1 (1). pp. 45-54. ISSN 2747-1616
![]() |
Text
Rizqa Hidayati Jurnal - Rizqa Hidayati.pdf Download (501kB) |
Abstract
Orang tua berperan penting dalam mengembangkan kompetensi anak. Banyak guru bahasa Arab dan orang tua yang mampu mengajar siswa tetapi belum tentu dapat mengajar anak-anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tentang upaya, metode, strategi, dan media guru bahasa Arab serta faktor pendukung dan kendala upaya guru bahasa Arab dalam mengajar dan mempraktikkan keterampilan berbicara bahasa Arab kepada anak sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menjadikan orang tua tunggal guru bahasa Arab sebagai mata pelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa upaya guru bahasa Arab dalam mengajar dan mempraktikkan keterampilan berbicara bahasa Arab kepada anaknya sendiri meliputi perencanaan waktu dan materi,menggunakan metode ta 'bir hurr dan ta'bir muwajja dan strateginya sendiri, tetapi tidak menggunakan metode yang spesifik. Ada banyak faktor pendukung seperti kemudahan materi menurut psikologi anak,anak cerdas dengan minat yang baik dan keterampilan guru yang baik. Sedangkan untuk faktor penahanan ada gangguan dari anggota keluarga lain, televisi dan gadged serta kemalasan anak. Kata Kunci: Upaya guru bahasa Arab, keterampilan berbicara bahasa Arab, mengajar anak
Item Type: | Artikel |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Prodi > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | PERPUS PR STIQ |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 01:50 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 01:50 |
URI: | https://idr.stiq-amuntai.ac.id/id/eprint/64 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |